Pemerintah Kabupaten Biak Mendukung Kopertis

Pemerintah Kabupaten Biak Numfor menyatakan kesiapan sebagai pusat Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) XIV Wilayah Papua dan Papua Barat pasca persetujuan operasional Kantor Kopertis XIV oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Bupati Biak Numfor Yusuf Melianus Maryen mengatakan keberadaan kantor Kopertis XIV diresmikan Mendikbud M. Nuh pada 10 April 2013 di Jayapura, Papua. “Kami di Biak sudah sangat siap, dan hal ini kami sangat berterima kasih dengan keputusan Mendikbud yang menetapkan Biak sebagai kantor pusat Kopertis XIV,” katanya kepada¬†Jurnal Nasional, bertepatan dengan kunjungan tim dari dirjen dikti kemendikbud ke Biak, Senin (27/5).

Dia mengatakan selama ini Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Papua dan Papua Barat berkoordinasi ke Kopertis XIII di Ambon, Maluku terkait permintaan pengurusan perizinan perpanjangan operasional pendidikan tinggi. Alasan lain, keinginan berdirinya Kopertis XIV di Papua dan Papua Barat, karena jumlah PTS meningkat signifikan dari tahun ke tahun. “Dengan jumlah PTS di Papua dan Papua Barat mencapai 60-70-an sangatlah tepat jika didirikan Kopertis XIV,” ujarnya.

Maryen mengatakan dipilihnya Biak sebagai tempat operasional Kopertis XIV sangat strategis karena berada di tengah wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat. Alasan lain, karena jumlah PTS di Biak meningkat setiap tahun. Lokasi kantor kopertis XIV Papua dan Papua Barat untuk sementara akan menggunakan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Sub Byaki Fyadi.

Dia berharap dengan bertambahnya instansi pusat yang ditempatkan di Kabupaten Biak Numfor akan mempermudah jangkauan pelayanan permintaan pengurusan perpanjangan perizinan program studi setiap PTS di Kabupaten Biak Numfor.

Ketua Tim dari Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Istri Hardayani mengatakan kunjungan ke Biak tindaklanjut peresmian Kopertis XIV di Jayapura. “Kami lihat kesiapan di Biak sudah sangat siap, ini akan menjadi laporan ke pusat,” ujarnya. Opin Tanati

No Responses

Leave a Reply