MoU PT. Garuda Indonesia dengan Kopertis 14 Wilayah Papua dan Papua Barat

Koordinator Kopertis 14 wilayah Papua dan Papua Barat semakin memanjakan para dosen, dan mahasiswa serta para pegawai dan pejabat di lingkungan Kopertis 14 Wilayah Papua dan Papua Barat dalam penggunaan jasa transportasi udara Garuda Indonesia, baik dalam kegiatan perjalanan dinas maupun menjelang masa liburan. Hal ini terungkap setelah Koordinator Kopertis 14 Wilayah Papua dan Papua Barat melakukan kerjasa sama dan menandatangani nota kesepahaman (mou) bersama PT. Garuda Indonesia (Persero) TBK di Biak Tanggal 07 Mei 2014 di ruang pertemuan Kopertis 14 Wilayah Papua dan Papua Barat yang beralamat di jalan Ahmad Yani, Biak Numfor.

Dalam perjanjian kerja sama tersebut, Seluruh PTS yang berada dibawah Kopertis 14 Wilayah Papua dan Papua Barat akan diberikan kemudahan serta pelayanan diskon harga tiket khusus sebesar 20% jika menggunakan armada penerbangan PT. Garuda Indonesia dari dan kemana saja bahkan hingga keluar negeri serta pelayanan esktra bagasi tambahan sebesar 10kg dari 20 kg yang telah digratiskan, sehingga menjadi 30kg free.

Koordinator Kopertis 14 Wilayah Papua dan Papua Barat, Drs. Festus Simbiak, MPd, dalam sambutannya menyatakan bahwa, seluruh PTS yang berada di bawah Kopertis Wilayah 14 Papua dan Papua Barat yang berjumlah 59 PTS dimana 42 berada di Papua dan 17 berada di Papua Barat dengan jumlah tenaga dosen sebanyak 600 dosen serta lebih dari 30.000 mahasiswa-mahasiswi PTS se-Papua dan Papua Barat”.

Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan pengalaman sebelumnya bahwa pelayanan yang pernah didapatkan melalui jasa PT. Garuda Indonesia ini, telah terbukti pelayanannya sangat memuaskan, baik di lokasi pelayanan pembelian tiket, pelayanan di dalam penerbangan dan juga pelayanan harga tiket yang sangat terjangkau.

“Kalaupun nantinya, ada perbedaan sedikit harga tiket PT. Garuda Indonesia dan jasa penerbangan lainnya, namun dengan pelayanan harga diskon khusus tersebut, manfaatnya akan dapat dirasakan bukan hanya bagi pegawai dan staf di lingkungan kopertis 14 saja, tetapi juga para dosen dan mahasiswa pada semua PTS di Papua dan Papua Barat ketika akan memasuki masa liburan ataupun perjalanan dinas. Bahkan termasuk pelayanan bagi anggota keluarga mereka”, jelas Koordinator Kopertis 14 yang juga mantan rektor UNCEN tersebut.

“Besarnya diskon harga tiket khusus yang ditawarkan oleh jasa penerbangan PT Garuda Indonesia (persero) Tbk tersebut berlaku untuk tujuan penerbangan ke seluruh wilayah di Indonesia maupun hingga ke luar negeri”,sambungnya.

“Hanya dengan menyebutkan kode, KRPP kepada petugas reservasi penjualan tiket, kita langsung di layani di bagian khusus dan tidak perlu harus mengantri lagi dalam deretan antrian pembeli tiket”, lanjutnya.

Ditambahkan, dalam waktu dekat, Kopertis Wilayah 14 Papua dan Papua Barat akan segera menyerahkan data-data kongkrit PTS serta daftar Pegawai dan nama-nama para mahasiswa yang terdaftar di lingkungan Kopertis 14 kepada pihak PT. Garuda Indonesia sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama, hasil kerjasama yang telah di tanda tangani akan segera diberlakukan.

General Manager PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Wayan Supatrayasa menyatakan, pelayanan harga khusus diskon tiket dari PT. Garuda Indonesia di Papua ini merupakan program dari pusat, dan pihaknya hanya melanjutkan saja, karena PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk sangat konsert dalam membantu khususnya bidang pendidikan di wilayah Papua.

Lebih lanjut, Wayan menegaskan, pihaknya sangat bangga dapat memberikan kontribusi pelayanan potongan harga tiket khusus penerbangan ke semua wilayah baik dalam negeri maupun luar negeri bagi para dosen, mahasiswa maupun pegawai serta daftar keluarga.

“Pelayanan ini sudah sangat maksimal, sehingga PT. Garuda Indonesia memberikan kontribusi yang sangat besar dengan jumlah 20 persen diskon harga tiket, serta free 30kg”, tegasnya.

Wayan juga menerangkan sistem yang digunakan yakni, misalnya seorang mahasiswa akan bepergian menggunakan jasa penerbangan PT. Garuda Indonesia, mahasiswa tersebut cukup menunjukkan ID Card (KTM) dari PTS bersangkutan dan surat keterangan dari pimpinan PTSnya, bahkan jika ada anggota keluarganya, dia dapat menunjukkan kartu keluarga sebagai daftar keluarga.

“Tidak ada keuntungan yang dicari oleh PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk ini, karena kami hanya ingin memberikan kontribusi khusus bagi dunia pendidikan di Papua, sehingga dengan adanya kerjasama ini, PT. Garuda Indonesa dan Kopertis 14 dapat membantu memberikan manfaat dan pelayanan serta kenyamanan bagi para dosen, pegawai dan mahasiswa PTS yang berada di Papua”, lanjut Wayan menampik pertanyaan wartawan tentang pembagian keuntungan dengan adanya kerjasama ini. (Biak-Numfor, Koresponden World Papua: Naftali Rumbiak)

No Responses

Leave a Reply