Dibuka Kesempatan Lulusan D3 dan S1 Putra-Putri Asli Papua untuk Menjadi ASN pada 75 KL

Kementerian PAN dan RB kembali membuka formasi khusus Aparat Sipil Negara (ASN) untuk Putra-Putri Asli Papua untuk ditempatkan di kementerian/Lembaga (KL). Penerimaan Tahun 2014 sebanyak 165 orang dengan proporsi, 110 orang dari Provinsi Papua dan 55 orang dari Provinsi Papua Barat. Pegawai hasil rekrutmen asal Provinsi Papua dan Papua Barat itu, akan ditempatkan di 75 kantor K/L di Jakarta.

Deputi I Bidang Koordinasi dan Sinkronisasi Perencanaan, Pendanaan Program Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) Prof. Ikhwanuddin Mawardi mengatakan, formasi itu terbuka bagi lulusan strata pendidikan D3 dan S1.  Program afirmasi bagi ASN untuk KL ini adalah kali kedua, sebelumnya juga sudah ada penempatan sebanyak 96 CPNS ke berbagai kantor kementerian di Jakarta. Tujuan program ini untuk memberikan kesempatan bagi Putra-Putri Asli Papua untuk bisa masuk ke semua kementerian. Keberadaan mereka di berbagai kementerian selain untukmeningkatkan sumber daya manusia juga lebih memberikan pengalaman dan wawasan nasional.

Program yang diprakarsai UP4B bekerjasama dengan Kementerian PAN dan RB ini, pendaftarannya akan dibuka awal hingga pertengahan September.  Bagi yang berminat agar mempersiapkan diri. Rekapitulasi Alokasi Formasi Khusus Putra-Putri Asli Papua masih dalam proses pemutakhiran di Kementerian PAN dan RB. UP4B telah dibuatkan akun khusus oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk mengkoordinasikan proses pendaftaran, verifikasi dan pelaksanaan test CPNS formasi khusus bagi Putra-Putri Asli Papua pada Rabu 27 Agustus 2014 kemarin. UP4B akan mengeluarkan informasi pendaftaran untuk CPNS formasi khusus Papua setelah persiapan-persiapan selesai dilakukan. (Sudadi, Media Center UP4B)

No Responses

Leave a Reply